Undip’s Mathematics Competition 2020

 

Undip’s Mathematics Competition 2020 (UMC 2020) merupakan kompetisi matematika tingkat SD, SMP, SMA, dan sederajat se-Jawa yang mengangkat tema “Meraih Mimpi bersama Matematika”. Kegiatan ini memiliki 3 babak. Babak pertama adalah babak penyisihan yang berlangsung pada hari Minggu, 26 Januari 2020 di 10 wilayah se-Jawa, yakni Semarang, Pati, Kedu, Surakarta, Pekalongan, Banyumas, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 1.212 peserta yang terdiri dari 375 peserta tingkat SD, 423 peserta tingkat SMP, dan 414 peserta tingkat SMA.

Setelah babak penyisihan, masih tersisa 2 babak lagi, yakni babak semifinal dan final. Kedua babak ini dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Februari 2020 di Gedung Prof. Soedarto, S.H., UNDIP Tembalang dan diikuti oleh 304 peserta yang lolos babak penyisihan. Kegiatan berlangsung pukul 08.00-17.00 WIB. Selain kegiatan semifinal dan final lomba, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pentas seni, presentasi dari Departemen Matematika, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga terdapat pengumuman kejuaraan UMC 2020.

Kejuaraan UMC 2020 terdiri dari 10 finalis terbaik dari tiap tingkatnya. 10 finalis terbaik mendapatkan penghargaan berupa medali dan piagam. Kemudian, untuk juara I, II, dan III pada setiap tingkatnya mendapatkan piala, piagam, medali, dan uang apresiasi dengan total puluhan juta rupiah. Selain itu, juara I tiap tingkatnya juga mendapatkan piala bergilir Gubernur Jawa Tengah. Jadi, tunggu apalagi, daftarkan dirimu di UMC tahun selanjutnya ya!

 

 

Leave A Comment